BTemplates.com

Monday 7 January 2013

Kronologi Kecelakaan Kendaraan Beroda Empat Listrik Tucuxi Dahlan Iskan


Dalam perjalanan dari Solo ke Surabaya, kendaraan beroda empat listrik Tucuxi  yang dikendarai Menteri BUMN Dahlan Iskan mengalami kecelakaan. Akibat rem blong, Dahlan menentukan untuk menabrakkannya ke tebing.

Seperti dituturkan oleh Humas Kementerian BUMN Faisal Halimi, Dahlan memang menyetir kendaraan beroda empat tersebut secara hati-hati. "Kecepatan menyetirnya pun juga tidak ngebut, cuma sekitar 60-80 km/jam," kata Faisal melalui sambungan telepon di Jakarta, Sabtu (5/1/2013).

Menurut Faisal, kecelakaan itu terjadi di Desa Plaosan Magetan Jawa Timur. Daerah itu merupakan daerah turunan tajam, sehabis melalui tanjakan tajam di sekitar Tawangmangu. Saat itu, Dahlan sedang mengemudikan "Ferrari" turun dari daerah Cemoro Sewu. Kendaraan yang dikemudikannya berjalan cepat, apalagi alasannya ialah daerah terrsebut merupakan turunan tajam.

"Tapi semakin direm, mobilnya malah tidak berhenti. Diinjak juga tidak berfungsi. Makanya bapak (Dahlan) harus pribadi ambil keputusan," katanya sambil menirukan ucapan Dahlan.

Saat itu, keputusannya ada dua. Yaitu tetap melaju di jalanan turunan atau menabrakkannya ke tebing. Bila harus melaju terus di jalanan turunan, sanggup jadi Dahlan akan menabrak kendaraan beroda empat yang ada di depan.

Setelah berkonsultasi dengan rekan semobilnya yaitu Ricky Elson, maka Dahlan menentukan opsi kedua, yaitu menabrakkannya ke tebing. Opsi itu dianggap akan mempunyai risiko paling ringan dibanding opsi lain. "Dengan menabrakkannya ke tebing, maka jikalau aku dan Ricky hingga meninggal dunia di tempat, maka aku tidak merugikan orang lain," ucap Dahlan yang ditirukan Faisal.

Ricky Elson ini merupakan putra Indonesia dan jago perancang motor listrik lulusan Jepang yang telah didanai Dahlan Iskan untuk membuatkan teknologi motor listrik.

Ricky ini menjadi sobat sekaligus menjadi pemandu Dahlan ketika berada di dalam kendaraan beroda empat "Ferrari". Maklum, kendaraan beroda empat listrik tersebut hanya cukup menampung dua orang penumpang. "Jadi ini tidak ada hubungannya dengan listrik. Mobil ini hanya kena duduk kasus di rem saja," katanya.

Setelah menabrakkan ke tebing, ternyata kendaraan beroda empat tersebut tidak berhenti begitu saja. Mobil masih melaju dan menabrak tiang listrik di sekitarnya. Beruntung kendaraan beroda empat Isuzu Panther yang ada di depan tiang listrik tidak diseruduk Ferrari tersebut.

Dahlan pun sempat bertanya ke pengemudi Panther tersebut. "Apakah Anda tidak apa-apa? Ternyata pengemudi itu tidak apa-apa. Mobilnya juga tidak penyok, meski nyaris menabrak," katanya.

Kemudian Dahlan sempat memegangi kepalanya, pipinya dan menyapa Ricky yang ada di sebelahnya. Ternyata Dahlan dan Ricky tidak apa-apa. "Kondisi aku baik. Saya merasa sanggup anugerah dari Tuhan. Dulu aku selamat dari penyakit kanker hati. Sekarang selamat dari kecelakaan ini. Bahkan lecet pun tidak," ceritanya Dahlan.

Lantas, Ricky ikut menyelamatkan Dahlan alasannya ialah bab depan dan beling atas kendaraan beroda empat tersebut rusak parah. Beruntung Dahlan dan Ricky juga tidak terpental dari mobil. Kini kendaraan beroda empat tersebut sudah diamankan oleh pihak Polres setempat untuk diperiksa kelayakannya. Apakah ada indikasi kesalahan tertentu atau murni rem blong biasa.

0 comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.